Survey Kepuasan

Tenaga Kependidikan


Angket Pengukuran Kepuasan

Angket untuk mengukur kepuasan Tenaga Kependidikan terhadap berbagai layanan Universitas Palangka Raya terdiri atas 5 bagian, yaitu:
A. Layanan Manajemen : Tata Pamong, Tata Kelola dan Kepemimpinan.
B. Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM)
C. Layanan Pengelolaan Keuangan, Sarana, dan Prasarana : Keuangan, Sarana dan Prasarana (Laboratorium, Perpustakaan, TIK, Fasilitas Umum).

Petunjuk Pengisian
  • Kepuasan Tenaga Kependidikan atas kinerja layanan diukur dengan skala Likert bernilai 1 - 4, dengan kriteria:
    • Nilai 1 = kurang memuaskan
    • Nilai 2 = cukup memuaskan
    • Nilai 3 = memuaskan
    • Nilai 4 = sangat memuaskan
  • Kepuasan terhadap kinerja layanan oleh Dosen diukur atas nilai:
    • Nilai kepuasan yang “dirasakan” Merupakan nilai yang diberikan oleh Mahasiswa atas kinerja layanan yang “terjadi atau nyata” dirasakan saat ini.
    • Nilai kepuasan yang “diharapkan” Merupakan nilai yang diberikan oleh Mahasiswa atas kinerja layanan yang “diharapkan atau diinginkan” untuk perbaikan.
  • Tenaga Kependidikan memilih pada nilai kepuasan (yang dirasakan dan yang diharapkan oleh Dosen), berdasarkan pernyataan-pernyataan pada angket yang tersedia.
  • Partisipasi Tenaga Kependidikan untuk mengisi angket kepuasan atas kinerja layanan ini secara objektif (sesuai dengan pengalaman, pengetahuan, persepsi, dan keadaan yang sebenarnya) sangat besar manfaatnya guna mendapatkan masukan yang akurat dalam rangka perbaikan dan peningkatan pelayanan kedepan

Silahkan mengisi angket dibawah ini. Jawaban saudara dijamin kerahasiaan dan tidak memiliki dampak negatif dalam bentuk apapun.

SILAHKAN MENGISI ANGKET DIBAWAH INI

ANGKET TENAGA KEPENDIDIKAN

IDENTITAS TENAGA KEPENDIDIKAN

BORANG KEPUASAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Tata Pamong (kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, berkeadilan)

Pertanyaan Kondisi Penilaian
Pemilihan pimpinan dilakukan secara demokratis dan terbuka sesuai dengan kriteria dan prosedur yang ditentukan. Diharapkan
Dirasakan
Setiap pimpinan menduduki jabatan dalam struktur organisasi bekerja sesuai job description yang jelas, terukur, dan tidak tumpang tindih. Diharapkan
Dirasakan
Antar unit kerja dalam struktur organisasi terjalin koordinasi yang baik sehingga hubungan kerja menjadi harmonis, sehat, dan nyaman, serta layanan kepada mahasiswa menjadi baik. Diharapkan
Dirasakan
Tidak adanya perbedaan perlakukan dan diskriminasi terhadap kualitas layanan oleh pimpinan, dan tenaga kependidikan kepada tendik Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan adil dalam memberikan perhatian kepada tendik Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan adil dalam menegakkan sanksi atau memberikan reward kepada tendik Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan melibatkan tendik dalam berbagai kegiatan baik akademik maupu non akademik Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan menunjukkan tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya senantiasa mengacu kepada asas dan norma akademik yang dapat dipertanggung jawabkan Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan, dosen, tenaga kependidikan menyampaikan laporan pertanggung jawaban kinerja yang dapat diakses Diharapkan
Dirasakan
Setiap organ dalam organisasi menjalankan tugas pokok dan fungsinya berlandaskan pada panduan, dan/atau SOP yang ada. Diharapkan
Dirasakan
Keputusan-keputusan diambil berdasarkan asas musyawarat dan mufakat untuk kepentingan civitas akademika Diharapkan
Dirasakan
Adanya evaluasi terhadap program atau kebijakan baik pada bidang akademik maupun non akademik secara terprogram, berkesinambungan dan hasilnya dipublikasi serta ditindak lanjuti untuk perbaikan selanjutnya. Diharapkan
Dirasakan
Tendik diberikan kebebasan dan dijamin dalam menyampaikan pendapatan kepada pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan lain guna peningkatan mutu Diharapkan
Dirasakan
Terdapat sistem dan mekanisme untuk pengambilan keputusan oleh pimpinan dengan melibatkan tendik secara konsisten dan transparan. Diharapkan
Dirasakan
Transparan dalam pengelolaan program, kegiatan, dan anggaran. Diharapkan
Dirasakan
Setiap tendik mendapatkan kesempatan yang sama untuk dilayani oleh pimpinan, dan staf lainnya. Diharapkan
Dirasakan
Setiap tendik mendapatkan kesempatan yang sama mengikuti berbagai kegiatan untuk pengembangan kompetensi. Diharapkan
Dirasakan
Setiap kebijakan yang diambil disosialisasikan dengan baik kepada civitas akademika Diharapkan
Dirasakan

Tata Kelola (planning, organizing, staffing, leading, controlling)

Pertanyaan Kondisi Penilaian
Adanya pelibatan tendik dalam merumuskan visi, misi, tujuan, dan strategi yang dituangkan dalam Renstra (universitas, fakultas/pasca sarjana) Diharapkan
Dirasakan
Visi, misi, tujuan, dan strategi dalam renstra (universitas, Fakultas/Pascasarajana) telah disosialisasikan kepada tendik Diharapkan
Dirasakan
Pemahaman tendik terhadap visi, misi, tujuan, dan stategi dalam renstra Diharapkan
Dirasakan
Pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan disusun berdasarkan rencana strategis Diharapkan
Dirasakan
Keterlibatan tendik dalam perencanaan program dan kegiatan akademik dan non akademik Diharapkan
Dirasakan
Keterlibatan tendik dalam perencanaan anggaran Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan telah mensosialisasikan uraian tugas pokok dan fungsi setiap organ dan staf yang akan memberikan layanan akademik dan non akademik sehingga tendik memahaminya Diharapkan
Dirasakan
Koordinasi antara pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi, serta hak dan kewajiban masing-masing Diharapkan
Dirasakan
Upaya-upaya pimpinan untuk memberikan motivasi kepada tendik dalam menjalani tugas pokok dan fungsi yang diberikan pimpinan Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan menempatkan staf kependidikan sesuai dengan kemampuan dan keahliannya, sehingga pelayanan yang diberikan terjamin kualitasnya Diharapkan
Dirasakan
Tendik ditugaskan sesuai dengan bidang keahlian dan latar belakang pendidikan, sehingga kegiatan kinerja layanan kualitasnya Diharapkan
Dirasakan
Tendik ditetapkan sesuai dengan fungsi jabatan, sehingga proses penyelesaian pekerjaan berjalan dengan baik dan lancar Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan mengarahkan tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugas layanannya kepada civitas akademik secara baik dan berkualitas Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan mengarahkan staf untuk malaksanakan pelayanan pada bidang masing-masing secara baik dan berkualitas Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan melakukan pengarahan kepada dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan melakukan pengawasan secara baik, terencana, konsisten, dan berkesinambung kepada staf kependidikan dalam memberikan layanan kepada mahasiswa Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan melakukan pengawasan secara baik, terencana, konsisten, dan berkesinambung kepada tendik dalam memberikan layanan kepada dosen, pihak lain yang menggunakan layanan Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan melakukan upaya tindak lanjut perbaikan atas pengawasan yang dilakukan, dan hasilnya disosialisasikan kepada tendik Diharapkan
Dirasakan

Kepemimpinan (operasional, organisasi, publik)

Pertanyaan Kondisi Penilaian
Pimpinan membagi tugas tendik berdasarkan kemampuan dan kompetensinya Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan membagi tugas tendik sesuai dengan latar belakang pendidikan dan jabatan fungsionalnya Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan membagi tugas tendik sesuai dengan beban tugasnya Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan melibatkan tendik dalam berbagai kegiatan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki tendik Diharapkan
Dirasakan
Struktur organisasi yang ada mampu memenuhi tuntutan kebutuhan civitas akademika dan pekembangan ipteks Diharapkan
Dirasakan
Struktur organisasi telah dirumuskan dengan rincian uraian tugas dan fungsi setiap organ yang ada, sehingga dipahami oleh tendik Diharapkan
Dirasakan
Antar organ yang ada dalam struktur organisasi telah terjalin koordinasi yang baik dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan menjalin kerjasama atau kemitraan dengan lembaga lainnya di tingkat lokal Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan menjalin kerjasama atau kemitraan dengan lembaga lainnya di tingkat nasional Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan menjalin kerjasama atau kemitraan dengan lembaga lainnya di tingkat internasional Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan berperan aktif dalam berbagai organisasi profesi/keilmuan, organisasi sosial/kemasyarakatan di tingkat lokal Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan berperan aktif dalam berbagai organisasi profesi/keilmuan, organisasi sosial/kemasyarakatan di tingkat nasional Diharapkan
Dirasakan
Pimpinan berperan aktif dalam berbagai organisasi profesi/keilmuan, organisasi sosial/kemasyarakatan di tingkat internasional Diharapkan
Dirasakan

Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM)

Pertanyaan Kondisi Penilaian
Kemampuan pimpinan mengambil kebijakan pengembangan karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Kemampuan pimpinan dalam mendorong pengembangan karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Kemampuan staf dalam memberikan layanan kepegawaian bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Kejelasan dan kemudahan prosedur pengurusan kenaikan pangkat tendik Diharapkan
Dirasakan
Kejelasan dan kemudahan prosedur pengurusan ijin/tugas belajar Diharapkan
Dirasakan
Kejelasan dan kemudahan prosedur pengurusan ijin atau cuti bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Kejelasan dan kemudahan prosedur pelaporan SKP tendik Diharapkan
Dirasakan
Kejelasan dan kemudahan prosedur pengurusan ijin atau cuti bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Kejelasan dan kemudahan akses Sistem Informasi Kepegawaian Diharapkan
Dirasakan
Keandalan sistem seleksi penerimaan tendik, dan penempatan tendik Diharapkan
Dirasakan
Respon pimpinan terhadap masalah kepegawaian tendik Diharapkan
Dirasakan
Respon staf dalam memberikan layanan kepegawaian tendik Diharapkan
Dirasakan
Kecepatan pimpinan mengambil keputusan jenjang karir pegawai tendik Diharapkan
Dirasakan
Kecepatan staf dalam memberikan layanan kepegawaian bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan dan konsistensi kebijakan, program dan anggaran untuk peningkatan karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan dan konsistensi pemberian kesempatan pengembangan karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan dan konsistensi kebijakan, program dan anggaran untuk peningkatan kesejahteraan tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan dan konsistensi pelaksanaan SOP layanan kepegawaian Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan dan konsistensi penegakan aturan atau disiplin bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan dan konsistensi pemberian reward bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan dan konsistensi pemantauan dan tindak lanjut kinerja tendik Diharapkan
Dirasakan
Suasana akademik yang mendukung pengembangan karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Lingkungan kerja yang mendukung pengembangan karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Kepekaan pimpinan terhadap masalah pengembangan karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Kepekaan pimpinan terhadap masalah kesejahteraan tendik Diharapkan
Dirasakan
Kepedulian staf terhadap masalah layanan pegawai bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan SOP pengembangan jenjang karir tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan SOP kenaikan pangkat tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan SOP ijin belajar dan tugas belajar Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan SOP ijin atau cuti bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan SOP SKP tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan SOP ijin atau cuti bagi tendik Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan SDM pengelola urusan kepegawaian Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan sarana dan prasarana pengelolaan urusan kepegawaian Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan Sistem Informasi Kepegawaian Diharapkan
Dirasakan
Kualitas SDM kepegawaian dalam memberikan layanan Diharapkan
Dirasakan
Kualitas sarana dan prasarana layanan kepegawaian Diharapkan
Dirasakan
Kualitas Sistem Informasi Kepegawaian Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pelaksanaan pemberian kesempatan untuk studi lanjut Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pelaksanaan fasilitasi (fasilitas dan dana) untuk tendik mengikuti kurus/pelatihan/ seminar/workshop yang relevan untuk peningkatan kompetensi Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pemberian kesempatan kerja dan mengembangkan diri pada bidang akademik Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pemberian kesempatan kerja dan mengembangkan diri pada bidang non akademik Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pemberian sanksi bagi tendik yang melanggar hukum, aturan, norma dan kode etik akademik Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pemberian reward bagi tendik yang berkinerja Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pemberian kesempatan bagi tendik terlibat dalam berbagai kegiatan atau kepanitian atau penugasan kegiatan di luar kampus Diharapkan
Dirasakan
Perwujudan pelaksanaan peningkatan kesejahteraan tendik Diharapkan
Dirasakan

Keuangan

Pertanyaan Kondisi Penilaian
Keandalan sistem informasi layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Prosedur layanan keuangan mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit Diharapkan
Dirasakan
Kecepatan dan ketepatan proses pemberian layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan jenis layanan keuangan sesuai kebutuhan Diharapkan
Dirasakan
Ketepatan informasi jumlah dan waktu pembayaran Diharapkan
Dirasakan
Kesesuaian besaran dana dengan layanan yang diberikan kepada tendik Diharapkan
Dirasakan
Transparansi tentang fasilitas pendanaan yang tersedia untuk tendik Diharapkan
Dirasakan
Kemudahan dan kecepatan prosedur pengajuan dana kegiatan Diharapkan
Dirasakan
Kesiap sediaan staf/petugas secara cepat dan tepat membantu tendik yang terkendala dengan layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Kesiap sediaan staf/petugas layanan keuangan untuk menerima keluhan, kritik, dan saran dari tendik Diharapkan
Dirasakan
Konsistensi pelaksanaan SOP layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Kecakapan staf/petugas dalam memberikan layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Pengetahuan staf/petugas dalam melaksanakan sistem layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Keramahan staf/petugas dalam memberikan layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Staf/petugas berada di ruang layanan sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan Diharapkan
Dirasakan
Staf/petugas bersikap jujur dan adil dalam memberikan layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Staf/petugas bertugas sepenuh hati dalam memberikan layanan keuangan kepada tendik Diharapkan
Dirasakan
Staf /petugas layanan keuangan tidak membiarkan dosen menunggu antrian terlalu lama Diharapkan
Dirasakan
Kepekaan staf/petugas untuk memahami kebutuhan dosen dalam mengurus masalah keuangan Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan ruangan layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kualitas fasilitas layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kejelasan SOP layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan staf/petugas pada layanan keuangan Diharapkan
Dirasakan
Staf/petugas layanan keuangan berpenampilan rapi dan sopan Diharapkan
Dirasakan

Sarana dan Prasarana (perkantoran, TIK, fasilitas umum)

Pertanyaan Kondisi Penilaian
Website mudah dikunjungi dan diakses oleh tendik Diharapkan
Dirasakan
Sistem Informasi layanan sarana dan prasarana mudah digunakan dan diakses Diharapkan
Dirasakan
Prosedur layanan pemanfaatan fasilitas umum lainnya mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit Diharapkan
Dirasakan
Kecepatan dan kemudahan akses internet kampus Diharapkan
Dirasakan
Kecepatan dan ketepatan proses peminjaman ruang aula Diharapkan
Dirasakan
Kecepatan dan ketepatan proses peminjaman BUS, alat transportasi, dan lainnya Diharapkan
Dirasakan
Kesesuaian fasilitas perkantoran dengan kebutuhan tendik untuk menjalan tugas pokok dan fungsi Diharapkan
Dirasakan
Kesesuaian soflware pendukung pelaksanaan tugas tendik Diharapkan
Dirasakan
Kesiap sediaan staf/petugas membantu tendik yang terkendala dalam menggunakan berbagai jenis layanan sarana dan prasarana secara tepat dan tepat Diharapkan
Dirasakan
Kesiap sediaan staf/petugas pada setiap jenis layanan sarana dan prasarana untuk menerima keluhan, kritik, dan saran dari tendik Diharapkan
Dirasakan
Konsistensi penerapan SOP yang ada di berbagai jenis layanan sarana dan prasarana Diharapkan
Dirasakan
Kecakapan staf/petugas dalam memberikan layanan di berbagai jenis layanan sarana dan prasarana Diharapkan
Dirasakan
Pengetahuan staf/petugas dalam melaksanakan sistem layanan di berbagai jenis layanan sarana dan prasarana Diharapkan
Dirasakan
Keramahan dan kesopanan staf/petugas dalam memberikan layanan di berbagai jenis layanan sarana dan prasarana Diharapkan
Dirasakan
Staf/petugas berada di ruang layanan sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan Diharapkan
Dirasakan
Staf/petugas bersikap jujur dan adil dalam memberikan layanan di berbagai jenis layanan sarana dan prasarana Diharapkan
Dirasakan
Staf/petugas pada berbagai jenis layanan sarana dan prasarana, melayani dengan sepenuh hati Diharapkan
Dirasakan
Staf /petugas tidak membiarkan tendik antrian terlalu lama saat menggunakan berbagai jenis layanan sarana dan prasarana Diharapkan
Dirasakan
Kepekaan staf/petugas untuk memahami kebutuhan tendik dalam menggunakan berbagai jenis layanan sarana dan prasarana Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan ruang perkantoran Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan ruang pelayanan Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan tempat mengakses internet Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan tempat parkir Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan tempat ibadah Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan ruang pertemuan atau aula Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kenyamanan kantin Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kualitas fasilitas di ruang kerja Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kualitas fasilitas di tempat mengakses internet Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kualitas fasilitas di tempat ibadah Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kualitas fasilitas di ruang pertemuan atau aula Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kualitas fasilitas di kantin Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kejelasan SOP layanan sarpras perkantoran Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kejelasan SOP layanan TIK Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan dan kejelasan SOP pemanfaatan fasilitas umum lainnya Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan staf/petugas di layanan sarpras perkantoran Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan staf/petugas di layanan TIK Diharapkan
Dirasakan
Ketersediaan staf/petugas di layanan peminjaman fasilitas umum Diharapkan
Dirasakan